SOSIALISASI PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI KINEMASTER PADA GURU RA DJAUHARUL HIDAYAH CIBOGO GIRANG PURWAKARTA

Authors

  • Lindawati STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakrta
  • Annisa Purwani STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakrta

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i2.276

Keywords:

Pembuatan video pembelajaran, Media Pembelajaran, Kinemaster, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Kegiatan sosialisasi ini berupaya meningkatkan kemampuan guru-guru RA Djauharul Hidayah Cibogo Girang Kabupaten Purwakata dalam pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Kinemaster. Kinemaster adalah salah satu program penyuntingan video secara profesional yang bisa digunakan di smartphone khususnya android. Kurangnya pemahaman guru tentang cara melaksanakan pembelajaran dalam bentuk video dalam pembelajaran daring menjadi dasar pemikiran peneliti. Subyek penelitian ini adalah guru RA Djauharul Hidayah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu dan melatih guru-guru RA Djauharul Hidayah dalam pembuatan video pembelajaran mulai dari proses pengambilan gambar, editing hingga di upload ke channel youtube sekolah untuk pembelajaran di pelajari siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan dan praktik. Metode diskusi digunakan saat membahas tentang pengetahuan media pembelajaran. Sedangkan metode praktik digunakan untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan tentang tahapan-tahapan pembuatan video pembelajaran. Pada pelaksanaan kegiatan ini adalah dirancang dalam bentuk pelatihan pembuatan video pembelajaran melalui aplikasi Kinemaster. Hasil dari sosialisasi ini, guru RA Djauharul Hidayah dapat membuat video pembelajaran dan mengunggahnya ke channel Youtube sekolah. Dengan demikian, guru tidak lagi terkendala untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring walaupun siswa sedang belajar di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, L. M. I., & Rimpiati (2016), Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. Jepun: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1), 31–46.

Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan semangat Merdeka Belajar. http://pusdatin.kemdikbud.go.id

Harahap, D., & Purwanta, E (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1823–1836.

Ibnu Rusydi (2012), Paradigma Pendidikan Agama Integratif-Transformatif, Jurnal Pendidikan Islam (JPI), Vol. I, No.1, 105.

Laily Amin Fajariyah (2018). Pembeajaran Teks Report Dengan Proyek "Cerdig" Berbasis Kinmaster. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar. Vol. 2, No. 1, P. 207-220

Lia Kurniawaty, et.al (2021), Penggunaan Video Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring, JPKM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, (2021), Vol 11, No 1.

Prima, E & Lestari, P. I. (2021), Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Masa Belajar Dari Rumah. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–8.

Rayandra Asyhar (2021). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Persada pres,

Sri Harnani, S.Pd, Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19, https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Published

2022-04-30

How to Cite

Lindawati and Annisa Purwani (2022) “SOSIALISASI PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI APLIKASI KINEMASTER PADA GURU RA DJAUHARUL HIDAYAH CIBOGO GIRANG PURWAKARTA”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(2). doi: 10.31943/afkarjournal.v5i2.276.