INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL SILSILAH NABI UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI AUDIO VISUAL DI MAJELIS TA’LIM ANWARIYAH SUKAJAGA PURWAKARTA

Authors

  • Irma Mulyani STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta
  • Annisa Purwani STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i2.269

Keywords:

Inovasi, media pembelajaran, anak usia 5-6 tahun, audio visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti inovasi penggunaan media pembelajaran dalam mengenalkan silsilah Nabi Muhammad untuk anak usia 5-6 tahun melalui audio visual. Menjadi kewajiban bagi guru dan orang tua agar menumbuhkan rasa cinta anak kepada Nabi Muhammad Saw dengan cara mengenalkan dan menghafal silsilah Nabi Muhammad Saw. Mengajarkan silsilah kepada anak membutuhkan strategi dan metode pendekatan yang sesuai dengan karakteristik yang dimiliki anak agar anak tertarik mempelajari dan menghafal silsilah Nabi Muhammad Saw. Adapun metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang peneliti lakukan bahwa ketika sebelum menggunakan media audio visual anak susah untuk menghafal dan mengerti tentang silsilah Nabi. Anak-anak cenderung diam dan hanya fokus pada bermain. Namun setelah peneliti memberikan inovasi media pembelajaran mengenalkan dan menghafal silsilah Nabi dengan menggunakan audio visual, pencapaian anak menunjukkan bahwa menghafal silsilah Nabi dengan menggunakan audio visual lebih mudah mencapai target dan menarik perhatian anak terlihat dari persentase tingkat pencapaian anak mencapai sebesar 58% berkembang sesuai harapan dan 23% berkembang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Fitria (2014), Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 No. 2.

Dasmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Eni Fariyatul Fahyuni, Istikomah (2016), Psikologi Belajar & Mengajar; Kunci Sukses Guru Dalam Interaksi Edukatif, Sidoarjo; Nizamia Learning Center.

Hasyim Hasanah, Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial), Jurnal At-Taqaddum, Vol. 8, No. 1, Juli 2016

Herawati (2017), Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini, Bunayya; Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3, No. 2

Loeziana Uce (2015), The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol 1, No 2.

Muhibbin Syah (2014), Tela’ah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Munadhi, Y (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.

Siti Aisyah, dkk (2010), Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugeng Iwan (2009), Pengasuhan Anak Dalam Keluarga, Jakarta.

Published

2022-05-06

How to Cite

Mulyani, I. and Annisa Purwani (2022) “INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL SILSILAH NABI UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI AUDIO VISUAL DI MAJELIS TA’LIM ANWARIYAH SUKAJAGA PURWAKARTA”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(2). doi: 10.31943/afkarjournal.v5i2.269.