SOSIALISASI GIZI SEIMBANG PADA ORANG TUA MURID PAUD NURUL IJTIHAD CIBOGO GIRANG PURWAKARTA 2022

Authors

  • Ipong Sulastri STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta
  • Annisa Purwani STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i2.271

Keywords:

Sosialisasi, , PAUD, Gizi Seimbang, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanana pemahaman atas sosialisasi gizi seimbang pada orang tua murid di PAUD Nurul Ijtihad Desa Cibogogirang Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Sosialisi ini bertujan agar orang tua dapat memahami tentang pentingnya gizi seimbang untuk anak dan mengetahui makanan 4 sehat 5 sempurna dan dapat diberikan kepada anak secara tepat dan seimbang sehingga tumbuh kembang anak dapat optimal, sehingga menjadi generasi yang unggul sehat jasmani dan rahani. Metode yang digunakan oleh melalui dua cara yang pertama berupa pemaparan tentang pentingnya makanan bergizi bagi anak usia dini kemudian pada tahap kedua yaitu pelatihan membuat masakan sehat dan bergizi untuk anak usia dini yang di ikuti oleh 10 orang perwakilan dari orang tua wali murid PAUD Nurul Ijtihad Plered. Berdasarkan hasil analisis dari data wawancara dan observasi mengungkapkan bahwa kreatifitas orang tua dan pengetahuan orang mengenai makanan sehat dan bergizi dapat meningkat bukan hanya itu orang tua juga menjadi lebih kreatif dalam menghidangkan makanan untuk anak sehingga anak menjadi lebih bersemangat mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi yang orang tua hidangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrah. Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah . Jurnal Publikasi Pendidikan,2013, 20-25.

Aulina, R. Gizi dan Pengolahan Pangan. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2001

Festiana, D. A. Melakukan Perencanaan Hidangan Harian Untuk. Yogyakarta: SMKN6 Yogyakarta, 2010

Sari, D. Y. Pola Makan dan Status Gizi. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 2017

Verawati B. Pengaruh Pangan Sumber Serat Dan Olahraga Pada Siswa Obese SDIT Bogor Yang Mendapat Intervensi Pendidikan Gizi Terhadap Status Gizi. [Tesis]. Bogor: Institut Pertanian Bogor; 2015.

Wirjatmadi, M. A. Gizi dan Kesehatan Balita. Jakarta: kharisma putra utama, 2014

Published

2022-07-18

How to Cite

Sulastri, I. and Annisa Purwani (2022) “SOSIALISASI GIZI SEIMBANG PADA ORANG TUA MURID PAUD NURUL IJTIHAD CIBOGO GIRANG PURWAKARTA 2022”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(2), pp. 268–273. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i2.271.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)