PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SKEMATIK PADA MATA KULAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI DISKUSI KELOMPOK DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Abu Syhabudin Universitas Majalengka
  • Yedi Purwanto Institut Teknologi Bandung
  • Heri Busyaeri Universitas Majalengka
  • Nia Yuniarti Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v4i2.196

Keywords:

Keywords: Model, Learning, Schematic, Fiqh, Thaharah.

Abstract

Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan di Perguruan Tinggi Umum (PTU)  meliputi ibadah dan  muamalah. Dari sekian waktu yang diberikan dengan  materi yang harus disampaikan masih jauh dari ketercapaian. Sehingga penguasaan materi PAI  oleh mahasiswa dirasakan masih dangkal. Dengan dikembangkannya model pembelajaran skematik diharapakan dapat membantu mahasiswa untuk lebih menguasai, memahami dan mendalami materi PAI secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, penerapan, dan hasil yang dicapai dalam  penerapan. model pembelajaran skematik mata kuliah PAI di PTU. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pedekatan deskriptif. Penerapan model pembelajaran ini dimaksudkan agar mahasiswa dengan cepat, mudah dan singkat dapat memahami materi yang akan disampaikan dosen. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diharapakan dalam  rencana pemebelajaran, yang meliputi ranah kognetif, afektif dan psikomotor.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-10-01

How to Cite

Syhabudin, A., Purwanto, Y. ., Busyaeri, H. . and Yuniarti, N. . (2021) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SKEMATIK PADA MATA KULAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI DISKUSI KELOMPOK DI PERGURUAN TINGGI ”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(2), pp. 318–330. doi: 10.31943/afkarjournal.v4i2.196.