Penerapan Manajemen Informasi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Esa Kareem Kota Bandung

Authors

  • Waska Warta Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Tubagus Aditia Albar Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Edyana Samsudin Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.573

Keywords:

Pembelajaran, Informasi, Manajemen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1). Memahami penerapan manajemen informasi di SD Esa Kareem 2). Mengetahui proses pembelajaran di SD Esa Kareem. 3). Memahami faktor-faktor pendukung penerapan manajemen informasi di SD Esa Kareem. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Beberapa temuan survei ini antara lain: (1). Implementasi Manajemen Informasi di SD Esa Kareem yang diwujudkan melalui pemanfaatan aplikasi pengelolaan data dapodik dan teknologi informasi seperti google form dan manajemen basis data komputer yang dapat diolah untuk menghasilkan informasi. (2). Pelaksanaan proses pembelajaran di SD Esa Kareem dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap perencanaan terlebih dahulu dengan melakukan analisis program pembelajaran, tahunan, semester, menyusun summary dan modul, menyusun Rencana Proses Pembelajaran (RPP). Kedua, tahap pelaksanaan aspek metode dan teknik dalam pembelajaran, yakni dengan pembelajaran berdiferensiasi yang bertujuan untuk menajamkan potensi siswa berdasarkan data potensi siswa. Ketiga, tahap penilaian dilaksanakan dengan evaluasi pembelajaran siswa secara harian bahkan bulanan, dengan menerapkan Kriteria Ketuntasan Minimal sebagai indikator kelulusan. (3). Faktor yang mendukung manajemen informasi adanya sistem informasi manajemen seperti sistem dapodik. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Manajemen Informasi memiliki pengaruh yang sangat mendukung dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran di SD Esa Kareem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Helmawati, Sistem Informasi Manajemen, Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offset, 2015.

Hutahaean, J., Purba, R. A., Siagian, Y., Heriyani, N., Umar, S. A., Syah, A. Z., Ardiana, D. P. Y., Simarmata, J., Pengantar Sistem Informasi Manajemen, Yayasan Kita Menulis, 2021.

Miftah, M., Muzaki, M., Mukhyatun, Muttaqin, Firdiasih, T. A., Tamrin, M. Kuntoro, Ma’muron, Sistem Manajemen Informasi Pendidikan Buku I, Banyumas, Zahira Media Publisher, 2021.

Pamungkas, I. B., Putranto, A. T., Sistem Informasi Manajemen, Bandung, Widina Bhakti Persada, 2021.

Prasojo, L. D., Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Yogyakarta, UNY Press, 2013.

Siregar, R. S., Subakti H., Sari, K. I. N., Purba, S., Saodah, S. S., Tanjung, R., Sakirman, Saftari, M., Siallagan, T., Cecep, Harahap, A. L., Manajemen Sistem Pembelajaran, Yayasan Kita menulis, 2021.

Subagyo, J., Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; pendekatan kuantitaf, kualitatif, Bandung, Alfabet, 2014.

Yuniarto, N., Manajemen Informasi: Pendekatan Global, Jakarta, PT Elex Media Komputindo, 1994.

Adisel, Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran, Journal of Administration and Educational Management, Volume 2, Nomor 2, Desember 2019.

Triwiyono, D. A., Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol 17, No 1, Oktober 2013.

Wijaya, M. W., Risdiansyah, D., Dampak Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan pada Kegiatan Akademik di Sekolah, Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 20, Nomor 1, April 2020.

Anggi. (2021, September 17), Apa itu Manajemen Informasi? Berikut Pengertian Lengkap dan Manfaatnya, Accurate. https://accurate.id/marketing-manajemen/apa-itu-manajemen-informasi/

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0 - Ivan Fanani Qomusuddin, M.Pd., M.T., Siti Romlah, M.Ag. - Google Buku. Deepublish.

Sihombing, L., (2017), Manajemen Informasi, Praxis. https://www.praxisframework.org/id/knowledge/information-management

Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Undang-Undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Waska Warta, Tubagus Aditia Albar and Edyana Samsudin (2023) “Penerapan Manajemen Informasi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Esa Kareem Kota Bandung”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 600–609. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.573.

Issue

Section

Articles