Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di SMKN 3 Bandung

Authors

  • Agus Denih Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Cahya Syaodih Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Ajeng Puspitasari Santosa Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Hilya Anisa Solihat Islamy Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Riska Putri Wulandari Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.552

Keywords:

Manajemen, Mutu, Kualitas Lulusan

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa lembaga pendidikan seharusnya berorientasi pada peningkatan, menejemen mutu pendidikan diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada yaitu yaitu ketidaksesuaian kompetensi lulusan dengan kompetensi jurusan yang diambil dengan mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi manajemen mutu di SMKN 3 Bandung Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang memfokuskan pada implementasi manajemen mutu dalam meningkatkan kualitas lulusan dengan Teknik pengumpulan data dengan  observasi,wawancara serta studi dokumentasi untuk mendapatkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian. Dalam peningkatkan kualitas lulusan SMKN 3 Bandung mengacu pada konsep PDCA (plan, do, check dan Act). Tahap perencanaan dimulai dengan penyusunan RKJM kemudian direalisasikan dalam bentuk program sekolah yang mencakup indikator atau target mutu apa yang akan dicapai dalam tahun tersebut sebagai proses peningkatan mutu pendidikan, selanjutnya dilakukanlah monitoring dan evaluasi untuk menyakinkan apakah program yang telah direncanakan dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan.untuk mencapai mutu lulusan yang berkualitas terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yaitu SMK 3 Bandung sudah memiliki sarana dan prasarana yang baik sehingga mampu mewujudkan proses belajar mengajar yang berdaya guna bagi pencapaian prestasi siswa namun terkadang koordinasi yang kurang efektif antar lembaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Deming, W.Edwards.(1986). Out of Crisis. Cambridge: Massachussetts Institute of Technology.

Depdiknas. (2006). Standar Manual Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta.

Dikmenjur. (2004). Unit Produksi Sekolah Sebagai Intitusi Pasangan PSG. Jakarta: Direktorat Dikmenjur Depdikbud.

Direktorat Pembinaan SMK. (2012). Garis-garis Besar Program Pembinaan SMK 2012 tentang Panduan Pelaksanaan (Panlak) Program Pembinaan SMK Tahun 2012. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Edi Kusnadi. (2008) Metodologi Penelitian. Jakarta: Ramayana Press: Metro.

Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Gaspersz, V. (2002). Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Husaini Usman. (2014). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, hal 579

ISO 9001:2015, (2015). International Standard. Quality Management Systems Requirements.

J. Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0 - Ivan Fanani Qomusuddin, M.Pd., M.T., Siti Romlah, M.Ag. - Google Buku. Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Agus Denih, Cahya Syaodih, Ajeng Puspitasari Santosa, Hilya Anisa Solihat Islamy and Riska Putri Wulandari (2023) “Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di SMKN 3 Bandung”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 500–513. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.552.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2