Implementasi Tenaga Kependidikan Bidang Akademik Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di SMK Negeri 6 Garut

Authors

  • Inayah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Cahya Syaodih Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Siti Halimah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Khaerul Anwar Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.617

Keywords:

Pelayanan Administrasi, SMKN 6 Garut, Tenaga Kependidikan

Abstract

Untuk mencapai hasil yang optimal dalam sebuah organisasi sekolah maka seorang Kepala Sekolah harus memiliki kemampuan mengelola tenaga kependidikan (TU), salah satunya mampu melakukan kegiatan peningkatan kompetensi Tenaga Kependidikan bidang Akademik, agar kompetensinya terus ditingkatkan sehingga mampu menjalankan tugasnya seseuai kebutuhan dan sesuai Standar Kompetensi Tenaga Kependidikan.  Jurnal ini membahas tentang Implementasi Peningkatan Kompetensi  Tenaga Kependidikan Bidang Akademik Guna Meningkatkan Pelayanan Administrasi di SMK Negeri 6 Garut. Selanjutnya yang menjadi pembahasan masalah (1) Bagaimana implementasi peningkatan kompetensi tenaga kependidikan bagian akademik dalam meningkatkan pelayanan administrasi di SMK Negeri 6 Garut (2) Kendala yang dihadapi serta (3) Solusi dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari pihak manajemen SMK Negeri 6 Garut. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi penarikan kesimpulan. Data yang hendak dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang berkaitan dengan kegiatan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan bidang akademik. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelayanan administrasi bidang akademik di SMK Negeri 6 garut, sebenarnya sudah cukup memadai dan sudah berjalan dengan baik, namun karena volume pekerjaannya banyak dan personilnya kurang maka dirasakan sangat lambat. Akhinya ada penambahan dari bagian lain hanya dalam kualitas  kerja masih butuh pelatihan. Oleh karenanya sebagai rekomendasi kepada pihak sekolah negeri atau swasta hendaknya kompetensi tenaga kependidikan selalu ditingkatkan, agar pendidikan di Indonesia semakin mencapai tujuan pendidikan nasional yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Arif Rembangsupu, Kadar Budiman, Bidin, Puspita and Muhammad Yunus Rangkuti (2022) “Studi Yuridis Tentang Jenis Dan Jalur Pendidikan Di Indonesia”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), pp. 91–100. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i4.337.

Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2018, tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madsarah

Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd, PENGELOLAAN PENDIDIK dan TENAGA KEPENDIDIKAN, Polimedia Publishing, 2018.

Rukajat, A. (2019) “TEACHERS PROFESSIONALISM DEVELOPMENT STRATEGY TO INCREASE THE QUALITY OF GRADUATION; Case Study in SMK Al-Mukhtariyah, SMKN 5 Garut, and SMKN 6 Garut (STRATEGI PEMBINAAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN; Studi Kasus pada SM”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 2(1), pp. 87–103. doi: 10.31943/afkar_journal.v3i1.35

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0 - Ivan Fanani Qomusuddin, M.Pd., M.T., Siti Romlah, M.Ag. - Google Buku. Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Inayah, Cahya Syaodih, Siti Halimah and Khaerul Anwar (2023) “Implementasi Tenaga Kependidikan Bidang Akademik Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di SMK Negeri 6 Garut”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 746–759. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.617.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>