Manajemen Pembelajaran Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Madrasah Aliyah Di Kota Serang Provinsi Banten

Authors

  • Abdul Rojak Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.381

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Madrasah Aliyah, Mutu Lulusan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena menarik pada penyelenggaraan Madrasah Aliyah di kota Serang Provinsi Banten. Perhatian Pemerintah Daerah yang sangat kuat terhadap pendidikan keagamaan menajdi fokus permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini menyajikan hasil penelitian tentang manajemen pembelajaran dalam peningkatan mutu lulusan Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Serang. Analisa data menghasilkan kesimpulan bahwa capaian hasil pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah selama ini telah memenuhi standar kelulusan siswa, namun dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih belum optimal. Pelaksanaan kebijakan dan program pendidikan bermutu pada MA dilakukan oleh guru sehingga lulusan MA mempunyai : 1). Mengusai pengetahuan agama dan mampu membaca Al-Qur’an dan menulis huruf Arab juga mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan syarat dan rukunya. 2). Karakter Siswa MA dalam kehidupan sehari-hari dan bersosial saling menghargai sesama dan menghormati orang tua dan selalu ramah dan sopan santun dalam kehidupan sehari hari. 3). Siswa mengaplikasikan pengetahuan agama pada kehidupan sehari-hari dengan tatakrama sopan santun dan berakhlaq mulia. Untuk itu dalam rangka penerapan manajemen pembelajaran dalam peningkatan mutu lulusan pada madrasah Aliyah, maka sudah seharusnya Pemerintah memberikan perhatian yang maksimal kepada pendidikan Islam di Indonesia, khususnya madrasah Aliyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harian Madrasah, Struktur Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah (MA) Terbaru, 19 Juli 2018

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2016

Herry Widyastono, Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah: Dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Novan Ardy Wiyani, Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Muhdi, “Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Menentukan Model Manajemen Pendidikan Menengah”, Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 2, Juli-Desember 2017.

M. Thoifuri, Menjadi Guru Inisiator, Semarang: Media Campus Publishing, 2013

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala sekolah/Madrasah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Prim Masrokan Mutohar, Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014

Salusu, J., Pengambilan Keputusan Stratejik, Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit, Jakarta: PT.GramediaWidiasarana Indonesia, 1996.

Siagian, S.P., Teori dan Praktek Pengambilan Keputusan, Jakarta: CV Haji Masagung, 1993

Stoner, J.A.F. dan Winkel, C., Perencanaan dan Pengambilan Keputusan dalam Manajemen, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003, Pasal 3.

Published

2022-10-25

How to Cite

Abdul Rojak (2022) “Manajemen Pembelajaran Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Madrasah Aliyah Di Kota Serang Provinsi Banten”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), pp. 290–297. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i4.381.

Issue

Section

Articles