EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE- KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Evi Aeni Rufaedah
  • Latifatul Masruroh Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i1.268

Keywords:

Sikap Prososial, Siswa, Bimbingan Kelompok.

Abstract

Sikap prososial merupakan sikap yang perlu dikembangkan bagi setiap individu baik melalui lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah untuk membantu agar individu dapat menjalin hubungan sosial dengan baik. Hubungan sosial dalam kehidupan sehari-hari yang terjalin dengan baik, maka akan menumbuhkan sikap saling menghormati, menghargai dan pada akhirnya akan tumbuh sikap suka berbagi kepada sesama sesuai dengan kemampuannya. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Hurlock bahwa salah satu tugas perkembangan masa remaja yang tersulit adalah yang berhubungan dengan penyesuaian sosial. Oleh karena itu, dibutuhkan penyesuaian sosial yang memadai agar siswa tersebut tahu bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, sehingga mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.  Oleh karena itu, salah satu layanan bimbingan dan konseling yang diasumsikan dapat membantu siswa untuk mengembangkan sikap prososial adalah melalui bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, telah dihasilkan nilai F hitung (3,795578) yang lebih besar dari pada nilai F tabel (2,84), maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara nilai pro sosial sebelum dan sesudah perlakuan dengan bimbingan kelompok, juga ada perbedaan secara signifikan dengan kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-14

How to Cite

Rufaedah, E. A. and Latifatul Masruroh (2022) “EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE- KABUPATEN INDRAMAYU”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(1), pp. 400–413. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i1.268.

Issue

Section

Articles