Perencanaan Stratejik Persatuan Guru Republik Indonesia Cimaung Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Andri Feriyansyah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Helmawati Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Riska Putri Wulandari Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Fenti Sanda Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Muliati Said Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.553

Keywords:

Perencanaan, Profesionalitas, Guru

Abstract

Penelitian ini didasarkan bahwa peningkatan profesionalisitas guru sudah sewajarnya dilakukan, tidak hanya oleh pemerintah tapi dari diri guru tersebut juga harus memiliki kemauan tinggi untuk meningkatkan kemampuan dan lebih profesional, sehingga tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. PGRI sebagai mitra strategis, krirtis, dan konstrukstif pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus berupaya membantu mewujudkan dan memajukan pendidikan. Agenda perjuangan PGRI bukan semata untuk kepentingan anggotanya tetapi juga untuk kepentingan peserta didik, masyarakat, dan bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan stratejik persatuan guru republik Indonesia Cimaung dalam meningkatkan profesionalitas guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kulatitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara langsung kepada pengurus PGRI Cimaung kemudian peneliti mengarsipkan hasil wawancara, supaya data yang peneliti buat sesuai dengan bukti dan dokumentasi yang ada dan mempermudah peneliti untuk memacahkan masalah yang akan di hadapi serta melengkapi data sehingga tujuan penelitian yang diharapkan dapat tercapai. Hasil penelitian menunjukan bahwa PGRI Cimaung telah melakukan perencanaan stratejik dalam meningkatkan profesionalitas guru  sekolah dasar dengan baik dengan adanya program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan PGRI Cimaung, namun pada praktiknya masih ada beberapa kendala yang upaya penyelesaian nya dibutuhkan kerjasama antara pemerintah, PGRI dan Guru.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta.

Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Musaheri. (2007). Ke-PGRI an. Jogjakarta : Diva press

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Moleong, L.J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Rosdakarya.

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0 - Ivan Fanani Qomusuddin, M.Pd., M.T., Siti Romlah, M.Ag. - Google Buku. Deepublish.

Restoeningroem, dkk, Sejarah Perjuangan Jati Diri PGRI, (Tangerang: PT Pustaka Mandiri, 2019), hlm. 37.

Sanusi. (2007). Fakta, Kebijakan, Ilmu, Filsafah Pendidikan. Bahan Perkuliahan

Sukmadinata, N. S. (2006). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Cetakan ke-8.

Tilaar, H. A. R. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rincka Cipta.

Usman, Uzer. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yuniastutik, L. (2013). Implementasi Kebijakan Organisasi PGRI Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan, 1(1), 30-36.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Andri Feriyansyah, Helmawati, Riska Putri Wulandari, Fenti Sanda and Muliati Said (2023) “Perencanaan Stratejik Persatuan Guru Republik Indonesia Cimaung Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Sekolah Dasar”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 206–218. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.553.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2