Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Kiansantang

Authors

  • Syarip Hidayat Sutisna Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Faiz Karim Fatkhulloh Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Abdul Rojak Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Wahyu Rananda Saputra Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.628

Keywords:

Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Pelaksanaan supervisi akademik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar sehingga pembelajaran menjadi efektif dan prestasi siswa pun dapat meningkat. Kepala sekolah memegang peran penting dalam pelaksanaan supervisi akademik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik Kepala Sekolah SMP Kiansantang Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui: wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah meliputi: (1) upaya kepala sekolah mencapai prestasi yaitu: membimbing dan mendorong guru dan siswa dalam kegiatan akademik dan nonakademik, dan menyediakan sarana dan prasarana pendukung dalam pencapaian prestasi akademik dan nonakademik; (2) program supervisi akademik kepala sekolah yaitu: supervisi kelompok dan supervisi individual; (3) strategi pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah yaitu: pelaksanaan supervisi individual melalui kegiatan supervisi yang terjadwal pada semester gasal / genap dan supervisi klinis (permintaan guru sendiri sesuai kebutuhan); dan (4) faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah yaitu: adanya kepedulian yang tinggi dari kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi, adanya motivasi yang tinggi dari guru dalam pelaksanaan supervisi, dan adanya dukungan sarana dan prasarana yang memadai dalam pelaksanaan supervisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anissyahmai. (2017). Supervisi akademik kepala sekolah. Manajer Pendidikan, 11(1), 89-96.

Arif Rembangsupu, Kadar Budiman, Bidin, Puspita and Muhammad Yunus Rangkuti (2022) “Studi Yuridis Tentang Jenis Dan Jalur Pendidikan Di Indonesia”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), pp. 91–100. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i4.337

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0 - Ivan Fanani Qomusuddin, M.Pd., M.T., Siti Romlah, M.Ag. - Google Buku. Deepublish.

Rukajat, A. (2019) “TEACHERS PROFESSIONALISM DEVELOPMENT STRATEGY TO INCREASE THE QUALITY OF GRADUATION; Case Study in SMK Al-Mukhtariyah, SMKN 5 Garut, and SMKN 6 Garut (STRATEGI PEMBINAAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN; Studi Kasus pada SM”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 2(1), pp. 87–103. doi: 10.31943/afkar_journal.v3i1.35

Sahertian, P. A. (2008). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, E. Y., & Mohamad, A. R. (2015). Relationship between Instructional Leadership of Headmaster and Work Discipline and Work Motivation and Academic Achievement in Primary School at Special Areas of Central Jakarta. Journal of Education and Learning, 4(3), 1-9.

Ulfatin, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2006). Bandung: Citra Umbara.

Usman, M. U. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Syarip Hidayat Sutisna, Faiz Karim Fatkhulloh, Abdul Rojak and Wahyu Rananda Saputra (2023) “ Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Kiansantang”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 828–837. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.628.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)