PROGRAM PENYIARAN DAKWAH ISLAM DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MARHAMAH

Authors

  • RADEN NURHAYATI Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v1i1.2

Keywords:

Dakwah Islam, masyarakat marhamah

Abstract

Pelaksanaan program penyiaran dakwah Islam sangat selayaknya dan wajib dilaksanakan dalam rangka membangun masyarakat yang mempunyai tatanan keagamaan dan membangun jiwa sosial kemasyarakatan yang baik.  Program ini dilaksanakan karena pada masyarakat masih kecenderungan masih terlibat dalam tindakan “ fakhsya dan munkar “ padahal konsep awalnya program ini dilaksanakan untuk mewujudkan tatanan masyarakat yang marhamah.

            Realisasi penyiaran dakwah Islam dalam mewujudkan tatanan masyarakat marhamah ditempuh melalui program pengajian rutin, penyuluhan keagamaan, dan pemberian keteladanan yang positif serta program penjagaan lingkungan keamanan dan kebersihan lingkungan.  Faktor penunjang dalam merealisasikan masyarakat marhamah melalui prgram penyiaran dakwah Islam antara lain kemampuan penceramah, kesediaan penceramah untuk menyelenggarakan kegiatan meskipun tidak dibayar, animo masyarakat yang tinggi.  Selain itu faktor penghambat berupa heterogenitas masyarakat, pengaruh urbanisasi dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam dialog keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-01-11

How to Cite

NURHAYATI, R. (2018) “PROGRAM PENYIARAN DAKWAH ISLAM DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MARHAMAH”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 1(1), pp. 57–68. doi: 10.31943/afkar_journal.v1i1.2.

Issue

Section

Articles