Model Flipped Classroom Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa SD Ibnu Sina

Authors

  • Rina Restiana Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Ujang Cepi Barlian Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Siti Nurjanah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Wili Suminar UNINUS BANDUNG

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.650

Keywords:

Model Flipped Classroom, Kemandiriaan, TK Ibnu Sina

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model flipped classroom dalam menumbuhkan kemandirian siswa SD Ibnu Sina Kabupaten Bandung. Model flipped classroom dapat memberikan pengaruh yang baik bagi siswa. Model ini membuat siswa belajar lebih mandiri. Selain itu, siswa memiliki kebebasan untuk mengulang pembelajaran lagi. Model flipped classroom juga merupakan strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yang dapat membangun kemandirian belajar. Metode ini bersifat deskriptif, keadaan atau kejadian yang berkaitan dengan permasalahan penelitian dalam inovasi pembelajaran terbatas pada upaya mengungkap suatu permasalahan, permasalahan penelitian dalam inovasi pembelajaran pada masa pasca pandemi dengan menggunakan model flipped classroom di SD Islam Ibnu Sina Kabupaten Bandung. Ide pengembangan model pembelajaran flipped classroom adalah untuk meningkatkan kemandirian siswa di SD Ibnu Sina Kabupaten Bandung untuk membangun motivasi belajar pasca pandemi dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2020 sejak pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulhak, I. (1993), Metodologi Pendidikan Orang Dewasa, Bandung, PLS IKIP Bandung.

Agustino, Leo. (2014). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Afriyanti Agustiningrum, Agung Haryono, penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Corse Review Horay Berbasis Lesson Studdy Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu. (Batu: Jurnal Pendidikan, Vol, 10, No2, 2017), hlm 5.

Alwi, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia strategi keunggulan kompetitif. yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Amaluis, D. (2014) Analisis efektifitas program pelatihan diklat PIM III terhadap kompetensi pejabat eselon III di Pemerintah Kabupaten Agam. Journal of Economic and Economic Education 3(1): 18-26.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Basrowi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Fradila yulietri, mulyonto, dan lro Agung S, Model Flipped classroom dan Discovery Learning pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar,(Surakarta:Teknodika Volume 13, 2015) hlm,7.

Graham Brent Jhonson, Student perceptions of the flipped classroom, (Colombia: The University Of British Colombia,2013) hal 9-10.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.

Moleong, L.J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Rosdakarya.

M.Ubaidillah, Penerapan Flipped classroom berbasis teknologi informasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Chusnaniah Surabaya Jurnal, ( Surabaya: Jurnal ilmu-ilmu keislaman,vol 19 No 1, Juli 2019), hal 37.

Nasution. (1988). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2021). Analisis Data Kuantitatif dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0 - Ivan Fanani Qomusuddin, M.Pd., M.T., Siti Romlah, M.Ag. - Google Buku. Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Rina Restiana, Ujang Cepi Barlian, Siti Nurjanah and Wili Suminar (2023) “ Model Flipped Classroom Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa SD Ibnu Sina”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 648–658. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.650.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2