ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL COSO ATAS PEMBIAYAAN MURĀBAHAH BERMASALAH TAHUN 2015 (STUDI KASUS DI BANK MU’AMALAH)

Authors

  • Hajar Mukaromah Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i2.293

Keywords:

pembiayaan, pengendalian internal, COSO

Abstract

Di Bank Muamalat Indonesia KCP Pangkalan Bun memberikan pelayanan berupa pembiayaan kepada nasabah yang membutuhkan dana untuk usaha atau untuk membangun sebuah tempat tinggal. Pihak Bank tidak mungkin langsung memberikan dana kepada nasabah, tentu nasabah harus melalui beberapa persyaratan. Setelah itu, jika nasabah sudah memenuhi syarat maka pihak bank akan menyiapkan dana tersebut dan diberikan kepada nasabah.Tetapi tidak menutup kemungkinan pembiayaan akan berjalan tidak lancar/macet. Terdapat faktor internal atau faktor eksternal yang menyebabkan pembiayaan menjadi tidak lancar/macet. Sistem pengendalian internal merupakan seperangkat kebijakan dan prosedur untuk menjaga aset atau kekayaan perusahaan dari segala bentuk penyalahgunaan, menjamin informasi perusahaan yang akurat dan memastikan seluruh ketentuan dan kebijakan manajemen dipatuhi oleh seluruh karyawan dan pihak yang bersangkutan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pembiayaan di Bank Muamalat Indonesia KCP Pangkalan Bun. Dan menganalisis apakah pengendalian internal terhadap pembiayaan  sesuai dengan unsur pengendalian internal menurut COSO. Metode penelitian ini kualitatif yang didukung dengan penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal COSO yang melibatkan kelima jenis komponennya belum dilakukan sepenuhnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-05-27

How to Cite

Hajar Mukaromah (2022) “ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL COSO ATAS PEMBIAYAAN MURĀBAHAH BERMASALAH TAHUN 2015 (STUDI KASUS DI BANK MU’AMALAH)”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(2), pp. 132–143. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i2.293.