Peran Guru Kelas Dan Guru Pendamping Khusus Dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan Inklusi Di TK Ibnu Sina

Authors

  • Ujang Cepi Barlian Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Riska Putri Wulandari Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Muliati Said Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Nuri Lathifa Brilianti Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.648

Keywords:

Inklusi, Guru Pendamping Khusus, Peran Guru

Abstract

Dinamika pendidikan saat ini semakin berkembang, dalam hal ini kebijakan sistem pendidikan inklusi yang mengatur agar anak berkebutuhan khusus mendapatkan layanan di sekolah reguler. Penerapan pendidikan inklusi ini harus mengupayakan sikap tidak diskriminatif, pengakuan dari semua pihak warga sekolah, pemberian fasilitas juga lingkungan yang aman bagi setiap anak. Dalam hal ini guru kelas yang mengelola pembelajaran di kelas melibatkan anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran. Keberadaan guru pendamping khusus di TK Ibnu Sina bertujuan agar terjalin kolaborasi satu sama lain  dengan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Untuk itu tanggungjawab kelas sepenuhnya ada di guru kelas termasuk anak berkebutuhan khusus ini, bukan diserahkan sepenuhnya kepada guru pendamping khusus. Subjek penelitian ini adalah koordinator dari Ibnu Sina Stimulation Center (ISSC). Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Metode penelitian ini yaitu menggunakan studi kasus. Berdasarkan penelitian peran guru kelas dan guru pendamping khusus dalam berjalan dengan baik sesuai dengan tugas pokok masing-masing. Selain itu kolaborasi guru kelas dan guru pendamping khusus menjadikan layanan pendidikan inklusi di TK Ibnu Sina dapat menimbulkan sinergi Sedangkan kendala yang dialami adalah penerimaan anak berkebutuhan khusus yang semakin meningkat jumlahnya, terkadang melebihi kuota penerimaan. Hal ini berpengaruh terhadap kesiapan sekolah dalam mempersiapkan guru pendamping khusus dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhineka Cipta

Arriani, F, Agustiawati, Rizki, A, Widiyanti, R, WIbowo, S, Tulalessy, C, & Herawati, F. 2021. PANDUAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSIF. PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI : JAKARTA

Dewi, N.K. 2017. Manfaat Program Pendidikan Inklusi untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak. 6 (1), 12-19

Ernawati. (2008). Mengenal lebih jauh sekolah inklusi. Pedagogik journal pendidikan diakses di journal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/…/1117/.

Farida Isroani and Ida Fauziatun Nisa’ (2023) “Upaya Memperkuat Resiliensi Pendidikan Inklusi Melalui Rumah Mengaji Di Masa Pandemi”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), pp. 338–347. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i1.509.

Fitriatun, Erna, & Nopita,. 2017. Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 132-134.

Garnida. Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung : Refika Aditama

Jaya, Jajang Permana, Dudung, Agus, & Triana, Dinny Devi. 2018. EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI PADA PENDIDIKAN DASAR SEKOLAH SIF AL FIKRI DEPOK (Penerapan Model Evaluasi Stake). Jurnal Evaluasi Pendidikan Volume 9, Nomor 2, Oktober 2018

Jaya, indra, Soendjojo, R.P., Pujiastuti, Heri, & Wahyuni, Mareta. 2018. PROSEDUR OPERASI STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INKLUSIF : PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Maemunawati, Siti, & Alif, Muhammad. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran. Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19: Penerbit 3M Media Karya, 8.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya

Mudjito, dkk. 2012. Pendidikan Inklusi. Jakarta : Bandouse

Smith, J.David. 2012. Sekolah Inklusif. Konsep dan Penerapan Pembelajaran, Edisi III: Penerbit Nuansa Cendekia, Cetakan III, Januari, 316-317.

Sukadari. 2019. Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus/– Cet. I -- Yogyakarta: Kanwa Publisher, 97-101.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tarmansyah. 2009. Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di SD Negeri 03 Alai Padang Utara Kota Padang (Studi Pelaksanaan Pendidikan Di Sekolah Ujicoba Sistem Pendidikan Inklusi). Pedagogi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol IX, No. 01

Yuwono, Dr. Joko. 2020. Guru Pembimbing Khusus (GPK) di Sekolah Inklusi (Konsep Guru Pembimbing Khusus/GPK; Sebuah Gagasan): J Kid’s Autism Center.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Ujang Cepi Barlian, Riska Putri Wulandari, Muliati Said and Nuri Lathifa Brilianti (2023) “Peran Guru Kelas Dan Guru Pendamping Khusus Dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan Inklusi Di TK Ibnu Sina”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), pp. 623–634. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.648.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2