EVALUASI PROGRAM CAMP AL-QUR’AN DI SMK NASIONAL MAKASSAR (STUDI EVALUASI MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT)

Authors

  • Fatimah Fitriah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ardillah Abu Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Rusli Malli Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abd. Rahman Getteng Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i1.252

Keywords:

Evaluasi Model CIPP, Program Belajar Camp Quran.

Abstract

Program Camp Quran adalah Komitmen SMK Nasional Makassar dalam peningkatan kualitas pemahaman keagamaan peserta didik dalam rangka pencapaian kompetensi khususnya Litrerasi Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi Program Belajar Camp Quran di SMK Nasional Makassar dengan menggunakan evaluasi model CIPP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), pengumpulan data dilakukan melalui instrument observasi, wawancara, dokumentasi, yang dirumuskan dengan mengacu pada prinsip model evaluasi CIPP. Strategi analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu peneliti berupaya menganalisis data penelitian secara induktif yang dilakukan pada seluruh proses penelitian dengan memahami permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan Program belajar Camp Quran yang bertolak dari data empiris yang ditemukan dilapangan.

Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa Evaluasi hasil Program Belajar Camp Quran dengan model CIPP dapat dilihat dari Komponen context dapat  secara umum baik namun perlu peninjauan secara kontinu,. Komponen input menunjukkan input guru, siswa, kurikulum serta sapras dapat dikatakan secara umum baik, namun kurang sesuai dengan kriteria,. Komponen Process, penggunaan metode, media, materi, dan waktu yang digunakan dalam pembelajaran program belajar camp Quran pada komponen proses sudah cukup baik., Komponen product target pada program belajar camp Quran secara umum sudah baik dan dikatakan sudah sesuai dengan apa yang ditargetkan. Dalam Proses Pembinaan kemampuan membaca Alquran peserta didik dilakukan dengan menerapkan kedisiplinan selama proses pembinaan, materi pembinaan disusun dengan mempertimbangkan aspek visi misi, tujuan, ketercakupan materi, metode yang bervariasi, Psikologis peserta, penanaman nilai religiutas serta belajar sambil menikmati panorama alam. Hambatan dalam pelaksanaan Program Belajar Camp Quran di SMK Nasional Makassar yaitu hambatan yang disebabkan oleh dua faktor yaitu Faktor dari eksternal dan internal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-08

How to Cite

Fatimah Fitriah, Ardillah Abu, Rusli Malli and Abd. Rahman Getteng (2022) “EVALUASI PROGRAM CAMP AL-QUR’AN DI SMK NASIONAL MAKASSAR (STUDI EVALUASI MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) ”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(1), pp. 312–333. doi: 10.31943/afkarjournal.v5i1.252.

Issue

Section

Articles