DISTORSI HUMANISME DALAM KONSEP ISLAM RAHMATAN LIL’AALAMIIN DI INDONESIA (Studi Internalisasi Humanisme dalam Islam)

Authors

  • SABRON HAKIM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i1,%20January.74

Keywords:

Humanism, Islam rahmatan lil’aalamiin, Distortion, Practice. Humanisme, Islam rahmatan lil’aalamiin, Distorsi, Praktik.

Abstract

Abstract: Islam as a religion that rahmatan lil’aalamiin still experiences a moral crisis in practice. This study aims to see how the practice of the Islamic concept of rahmatan lil’aalamiin, which, along with the development of the times, has increasingly shifted from the value of humanism. The method used in this study is a qualitative research method with a descriptive approach. The objects in this study are books and other documents that discuss humanism and the Islamic concept of rahmatan lil'aalamiin, by looking at how the practices that occur today. Data collection techniques in this study were carried out by the author based on analysis and assessment needs. The data analysis technique used in this study is library analysis, which will be taken from several books relating to humanism and the rahmatan lil'aalamiin Islamic concept. Where the results of these studies show that Islam as a religion that rahmatan lil'aalamiin still deviates from humanism, is too narrow in thinking and not roomy, so that it is easily justified against other people who do not understand.

Abstrak: Islam sebagai agama yang rahmatan lil’aalamiin masih mengalami krisis moral dalam praktiknya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana praktik dari konsep islam rahmatan lil’aalamiin yang seiring perkembangan zaman semakin bergeser dari nilai humanisme. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah buku-buku maupun dokumen lainnya yang membahas tentang humanisme dan konsep islam rahmatan lil’aalamiin, dengan melihat bagaimana praktik yang terjadi saat ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan penulis berdasarkan kebutuhan analisis dan pengkajian. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pustaka, dimana akan diambil dari beberapa buku yang berkaitan dengan humanisme dan konsep islam rahmatan lil’aalamiin. Dimana hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa islam sebagai agama yang rahmatan lil’aalamiin masih banyak menyimpang dari humanisme, terlalu sempit dalam berfikir dan tidak lapang dada, sehingga dengan mudahnya menjustifikasi sesat terhadap orang lain yang tidak sefaham.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-01-29

How to Cite

HAKIM, S. (2020) “DISTORSI HUMANISME DALAM KONSEP ISLAM RAHMATAN LIL’AALAMIIN DI INDONESIA (Studi Internalisasi Humanisme dalam Islam)”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(1), pp. 1–19. doi: 10.31943/afkar_journal.v3i1, January.74.

Issue

Section

Articles